Apa Itu Captcha

Apa Itu Captcha - Captcha adalah uji verifikasi kata.
Captcha dapat berbentuk huruf atau angka, dan dapat pula merupakan perpaduan antara keduanya.
Captcha yang merupakan singkatan dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Human Apart" adalah jenis response test untuk memastikan bahwa responden hanya dilakukan oleh manusia dan bukan oleh komputer.
Setiap pengguna internet pasti pernah menemui Captcha dalam menggunakan internet, namun mungkin hanya sedikit saja yang mengetahui apa itu Captcha dan bagaimana cara Captcha digunakan.

Untuk apa Captcha di gunakan? Captcha digunakan untuk mencegah software otomatis untuk melakukan tindakan atas nama manusia.
Sebagai contoh, pada saat akan membuat sebuah akun email baru, anda akan menemukan Captcha pada akhir pendaftaran, hal ini untuk memastikan bahwa formulir tersebut benar-benar diisi oleh manusia dan bukan oleh  software otomatis atau bot.

Tujuan utama dari Captcha adalah membedakan pengguna antara manusia dengan komputer, dengan cara mengajukan test sederhana.
Pada dasarnya tidak akan sulit bagi manusia untuk menyelesaikan test tersebut, namun bagi komputer hampir tidak mungkin untuk diselesaikan.

Captcha mungkin bagi kebanyakan orang akan sangat mengganggu dan menyebalkan, tapi Captcha sebenarnya justru memiliki kemampuan untuk melindungi sistem dari serangan berbahaya.
Penyerang dapat menggunakan software otomatis untuk menghasilkan permintaan yang besar sehingga menyebabkan beban yang berat pada server target yang akan menurunkan kualitas pelayanan dari sistem.
Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi jutaan pengguna lain yang melakukannya dengan benar tanpa bot.

Captcha biasanya digunakan oleh situs web yang menawarkan layanan akun email gratis bagi para penggunanya. Misalnya layanan email berbasis web seperti Gmail, Yahoo, Hotmail dan lain-lain.
Captcha digunakan oleh web tersebut untuk mencegah spammer menggunakan bot untuk menghasilkan ratusan akun spam email.
thumbnail
Judul: Apa Itu Captcha
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait others :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz